SIPROPAM

Sipropam Polres Pelabuhan Tanjung Perak adalah unsur Pembantu Pimpinan dan Pelaksanaan Staf pada tingkat Kewilayahan Polres Pelabuhan Tanjung Perak yang bertugas memberikan pelayanan pengaduan masyarakat, penegakan disiplin anggota Polri dan pengamanan internal yang dipusatkan pada tingkat Mapolres Pelabuhan Tanjung Perak dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas Pokok Polres Pelabuhan Tanjung Perak.
Seksi Profesi dan Pengamanan dipimpin oleh Kepala Seksi Profesi dan Pengamanan Polres Pelabuhan Tanjung Perak disingkat Kasi Propam Polres Pelabuhan Tanjung Perak yang bertanggung jawab atas pelaksanaan tugas dan kewajiban sebagai berikut :

1. Unsur pelaksanaan staf khusus dan pembinaan Polri yang dibawah perintah Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak;
2. Penegakan disiplin anggota dalam rangka untuk mematuhi dan mentaati pada peraturan yang berlaku.
3. Melayani pengaduaan masyarakat yang berhubungan sikap dan tindakan anggota Polri/ PNS Polri;
4. Pengamanan internal anggota dalam rangka untuk mencegah penyimpangan anggota dalam melaksanakan tugas;
5. Menyusun dan menyiapkan laporan — laporan baik yang berkenaan dengan fungsi pembinaan maupun yang bersifat umum.

Dalam pelaksanaan tugasnya Kasi Propam Polres Pelabuhan Tanjung Perak dibantu oleh :
1) UNIT PROVOS
a) Unit Provos adalah unsur pelaksana pada Sipropam Polres Pelabuhan Tanjung Perak yang bertugas menegakan disiplin anggota Polres Pelabuhan Tanjung Perak.
b) Unit Provos dipimpin oleh Kepala Unit Provos yang disingkat Baur Provos yang mempunyai tugas dan kewajiban sebagai berikut :
1) Menerima laporan masyarakat yang berkaitan dengan sikap dan tindakan anggota Polri maupun PNS Polri;
2) Penegakan Disiplin anggota Polri dan PNS Polri untuk menciptakan personil yang patuh dan taat peraturan yang berlaku;
3) Melakukan pemeriksaan terhadap korban, saksi maupun terperiksa yang dilakukan oleh anggota Polri maupun PNS Polri;
4) Melakukan pencarian dan penangkapan bagi anggota Polri dan PNS Polri yang melakukan disersi atau yang sudah berstatus DPP;
5) Menyiapkan segala keperluan untuk pelaksanaan Sidang Disiplin maupun Sidang Komisi Kode Etik Polri.

2) UNIT PAMINAL
a) Unit Paminal adalah unsur pelaksana pada Sipropam Polres Pelabuhan Tanjung Perak yang bertugas pengamanan internal / kedalam di lingkungan Polres Pelabuhan Tanjung Perak;

b) Unit Paminal dipimpin oleh Kepala Unit Pengamanan Internal disingkat BAURPaminal yang mempunyai tugas dan kewajiban sebagai berikut :
1) Mengadakan Litpers terhadap anggota Polri dan PNS Polri yang akan UKP, Nikah, naik haji serta untuk mengikuti pendidikan Polri yang Iebih tinggi / mengembangkan kerier.
2) Mengamankan bahan-bahan keterangan yang disinyalir ada pelanggaran yang dilakukan oleh anggota Polri maupun PNS Polri;
3) Mengamankan meteriil dinas Polri meliputi tanah dan bangunan, gudang senjata, ranmor roda empat dan roda dua serta tempat pengisian bahan bakar minyak / pom bensin;
4) Pengamanan kegiatan Operasi Kepolisian maupun kegiatan anggota yang melaksanakan tugas di lapangan;
5) Melakukan lidik terhadap anggota Polri atau PNS Polri yang diduga menyalahgunakan wewenang.


VISI

Terwujudnya Pengamanan Internal, penegakan tata tertib, disiplin dan tegaknya hukum serta terbinanya dan terselenggaranya pertanggungjawaban Profesi sehingga terminimalisasinya penyimpangan perilaku anggota / PNS Polri.

MISI

Berdasarkan Visi sebagaimana tersebut diatas, selanjutnya dijabarkan dalam bentuk Misi Sipropam Polres Pelabuhan Tg. Perak ke depan dalam pelaksanaan tugas pokoknya, baik dibidang pembangunan kekuatan, pembinaan kekuatan maupun kegiatan operasional yaitu :
1. Menyelenggarakan fungsi pelayanan terhadap pengaduan/laporan masyarakat tentang sikap perilaku dan penyimpangan anggota/PNS Polri.
2. Menyelenggarakan dan Pengamanan Internal, meliputi Pengamanan Personil Materil, Kegiatan dan Bahan Keterangan di lingkungan Polri termasuk penyelidikan terhadap kasus dugaan pelanggaran dan penyimpangan dalam pelaksanaan tugas Polri.
3. Memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat akan kinerja dan profesionalisme.
4. Menegakkan hukum secara profesional dan proporsional dengan menjunjung tinggi supremasi hukum dan hak asasi manusia dengan menyelesaikan perkara dan penanganan personil Polri yang bermasalah supaya mendapat kepastian hukum dan rasa keadilan.
5. Meningkatkan upaya konsolidasi kedalam ( Internal Sipropam ) sebagai upaya menyamakan Visi dan Misi Sipropam dalam pelaksanaan tugas kedepan.
6. Meningkatkan kemampuan dan keterampilan personil guna peningkatan pelaksanaan tugas.